Jumat, 30 November 2012

Samba Brasil Kembali Juara Dunia Futsal

Spiritfutsal-Thailand,18 November 2012
Pantas jika tim Samba Brasil dijuluki “Dream Team” karena dipenuhi  pemain bintang dan berbakat. Jika di semifinal Gabriel menjadi bintang lapangan. Di final Neto menjadi bintang dan penyelamat bagi negaranya untuk merebut Piala Dunia Futsal kelima kalinya. Pemain bernomor punggung 11 ini menjadi pencetak gol pembuka dan penutup pada pertandingan final melawan Spanyol. Golnya di babak perpanjangan memperpanjang dominasi Brasil atas Spanyol dan mengulang partai final tahun 2008 di Brasil.


Brasil di babak pertama tampil dominan dan banyak melakukan tendangan dari luar lingkaran area gawang Spanyol. Gol pertama tercipta oleh Neto buah kerja kerasnya  tendangan kaki kirinya menyambut tendangan pojok dari sisi kanan ke arah tiang kedua gawang Spanyol tak mampu diantisipasi Juanjo kiper Spanyol. Di babak kedua giliran Spanyol yang mendominasi permainan. Bahkan dua gol cepat dari Torras (’29) dan Aicardo (’30) membalikkan kedudukan menjadi 2-1. Melihat kondisi tersebut Venancio Lopez memasukkan Falcao dan menggunakan strategi power play. Hasilnya Falcao mencetak gol penyeimbang dan memaksakan perpanjangan waktu. Di babak perpanjangan waktu Neto menunjukkan kelasnya dengan melewati Fernandao di sisi lapangan yang kemudian menembakkan bola ke sisi kiri gawang dan merobek jala Juanjo untuk kedua kalinya.

Di perebutan tempat ketiga antara Italia dan Kolumbia, Pelatih Ricardo Manno harus berterima kasih kepada Rodolfo Fortino yang memborong dua gol kemenangan Italia atas Kolumbia, 3-0. Dua golnya di babak kedua memastikan Italia merebut peringkat ketiga dunia. Satu gol lagi diciptakan oleh Sergio Romano. Hanya sayang tambahan dua gol Fortino tak mampu membuatnya merebut top skorer karena selisih satu gol dari Eder Lima dari Rusia yang mencetak 9 gol. Italia juga mendapatkan gelar tambahan setelah terpilihnya Stefano Mammarella menjadi penjaga gawang terbaik. Pemain terbaik untuk Piala Dunia tahun ini disematkan kepada Neto dari Brasil. Sementara itu Argentina merebut gelar tim Fair Play.

Hasil Pertandingan
Brasil vs Spanyol (3-2)
Italia vs Kolumbia (3-0)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar